Wednesday, December 25, 2013

Berlubangnya Lapisan OZON tidak Berpengaruh Besar Terhadap BUMI

Pemanasan global memang sangat berbahaya, namun apakah memang sebegitu besar bahayanya bagi bumi ? 

 


artikel dampak lubang ozon Lapisan ozon di stratosfer dapat menyerap seluruh sinar UV ekstrem dan UV-C serta sebagian besar sinar UV-B.  Di katulistiwa, pada keadaan terang tak berawan sekitar 30% sinar UV-B dapat sampai ke bumi.

Semakin jauh dari katulistiwa, UV-B yang sampai ke bumi semakin berkurang. Akan tetapi, pada musim panas penyinaran UV-B di daerah yang jauh dari katulistiwa tidak berbeda jauh dengan di katulistiwa.

Dengan semakin berkurangnya lapisan ozon, maka sinar UV-B yang diserap bumi semakin besar.  Karena sinar yang bergelombang pendek ini memiliki energi yang tidur, maka berpengaruh besar terhadap sel hidup dan mengakibatkan kematian jasad renik.


Sinar UV-B juga mempunyai dampak negatif pada mahluk tingkat tinggi, baik hewan maupun tumbuhan.  Pada tumbuhan, menipisnya lapisan ozon akan mengakibatkan terganggunya proses fotosintesis yang selanjutnya menyebabkan turunnya laju pertumbuhan daun dan batang serta penurunan berat kering total sehingga hasilnya akan berkurang.

Selain itu dapat juga mempengaruhi produktivitas hutan, mengakibatkan gangguan pada ekosistem akuatik, serta mengakibatkan penyakit kanker kulit, penyakit katarak serta menurunnya daya imunitas pada manusia.  Dengan berkurangnya daya imunitas oranng menjadi lebih peka terhadap serangan infeksi termasuk virus herpes dan lepra.
  

Sering sekali muncul dialog - dialog atau artikel mengenai berlubangnya lapisan ozon (seperti contoh di atas) , ataupun juga mengenai pemanasan global, yang tentunya dapat berpengaruh besar terhadap bumi. Namun , dalam suatu kesempatan di kelas saya sekelas dan guru yang mengajar mengadakan sedikit dialog :

Siswa  : Kalau seluruh ozon berlubang , bagaimana nasib bumi ini pak?

Guru   : Aman - aman saja

Siswa  : Ah, masa kata para ahli dan profesor, nasib bumi bakal merana....

Guru  : Ah, itu terlalu didramatisir....

Siswa  : Loh, itu benar pak, memang begitu, saya sudah membaca analisanya...

Guru  : Begini, bagi bumi sih tidak ada masalah. Cuma tak tahulah bagaimana nasib manusia dan makhluk hidup lainnya.


KESIMPULAN


Kita harus mulai jaga bumi kita ini, tentunya bumi juga mempunyai perasaan , bila dia tidak dilindungi dan dipelihara tentunya dia akan semakin malas juga untuk melindungi makhluk hidup di bumi, bahkan mungkin baginya makhluk hidup hanya merepotkannya saja. Untuk itu marilah kita mulai untuk membayar jasa bumi terhadap kita dengan melestarikan bumi semaksimal mungkin, agar bumi juga tetap berusaha untuk melindungi kita.


LOVE YOU ALL

No comments:

Post a Comment