Friday, December 20, 2013

Langkah - Langkah Meninggikan Tubuh


Apa yang bisa kita lakukan untuk menjadi lebih baik dan maju jika tinggi badan tidak mendukung kita? Mari kita check faktor - faktor yang mempengaruhi tinggi dan kemudian bagaimana untuk meningkatkan tinggi badan secara alami.



Faktor yang Mempengaruhi Tinggi:

Menjadi tinggi tidak dalam kendali kita? Hanya sebagian benar!
Faktor genetik dan Non-genetik memiliki peran besar dalam menentukan tinggi kami. Tinggi badan kita diatur oleh hormon yang disebut "Hormon Pertumbuhan Manusia [Human Growth Hormone)". HGH disekresikan dalam tubuh kita oleh kelenjar hipofisis dan diperlukan untuk pertumbuhan panjang tulang dan tulang rawan.

a. Faktor genetik: 
 
Tinggi dipengaruhi oleh berbagai gen dalam tubuh kita. Jika kedua orang tua kita pendek, itu tidak berarti kita tidak akan tinggi. Orang tua yang tinggi bisa punya anak pendek dan sebaliknya. Namun, jika sebagian besar anggota keluarga dari kedua belah pihak bertubuh pendek, maka generasi berikutnya kemungkinan besar memiliki tinggi badan pendek. Faktor genetik sepenuhnya di luar kendali kita.
 


b. Faktor Non Genetik:Ada beberapa faktor non-genetik yang mempengaruhi tinggi badan kita. Menjadi tinggi dikaitkan dengan pertumbuhan dan pendek dapat dikaitkan dengan nutrisi yang tidak memadai untuk pertumbuhan yang tepat, kurangnya aktivitas fisik, postur yang salah, dll  

Beberapa faktor non-genetik lainnya yang dapat mempengaruhi tinggi meliputi:
  • Maternal merokok selama kehamilan, Prenatal dan Pasca persalinan
  • Kesehatan yang buruk selama masa kanak-kanak dan remaja
  • berat badan lahir
  • Kondisi mental selama masa kanak-kanak dan remaja
Faktor-faktor non-genetik dapat dikontrol sampai batas dengan mengikuti gaya hidup overallhealthy dari masa kanak-kanak.

Cara Meningkatkan Tinggi Tentu?

Sekitar 20% atau lebih tinggi tubuh kita tergantung pada lingkungan kita, kegiatan, dan diet. Dengan demikian, kita bisa menambah tinggi badan kita dengan cara alami dengan mengikuti aturan-aturan dasar tertentu dalam kehidupan kita sehari-hari.


1. Tidur yang cukup:

Tumbuh anak-anak dan remaja harus memiliki setidaknya 8 sampai 11 jam tidur setiap malam yang tepat untuk mencapai ketinggian maksimum. Mengambil mandi air hangat sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur. Ini adalah jawaban paling tepat untuk tumbuh tinggi secara alami.


  

2. Latihan Reguler dan Olahraga:
 

Terlibat dalam kegiatan olahraga seperti berenang, aerobik, tenis, kriket, sepak bola, bola basket atau latihan peregangan adalah cara yang baik untuk menjaga tubuh tetap berkembang. Otot-otot kita meningkatkan prospek pertumbuhan selain mendetoksifikasi tubuh kita melalui keringat.

3. Yoga:

Yoga adalah cara yang bagus dan relatif tidak begitu keras untuk menambah tinggi badan secara alami. Pose yoga tertentu memfasilitasi pelepasan hormon pertumbuhan dalam tubuh. Latihan peregangan dalam yoga memperkuat otot-otot dan meningkatkan postur tubuh juga.
 


4. Mempertahankan Postur Benar:

Hal-hal sederhana seperti duduk tegak di kursi, menjaga bahu lurus, dagu tinggi, dan pinggul Anda saat berjalan atau berdiri benar-benar dapat memiliki efek menguntungkan pada tinggi badan Anda. Tulang punggung lurus dan punggung yang kuat sangat penting dalam meningkatkan tinggi badan Anda. Memiliki bantal yang baik dan kasur yang ramah sama pentingnya dalam menjaga tulang belakang Anda nyaman.


5. Diet Seimbang

  • Vitamin D dan protein membantu dalam memicu hormon pertumbuhan dan diperlukan untuk pertumbuhan yang tepat dari gigi dan tulang . Oleh karena itu , makanan yang kaya akan nutrisi seperti keju , kacang-kacangan , tahu , daging tanpa lemak , putih telur harus dimasukkan dalam diet Anda
  • Asupan Zync juga sangat penting karena kekurangan ini dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat pada anak-anak . Makanan seperti asparagus , coklat , telur , tiram dan kacang kaya akan zync
  • Kalsium ditemukan dalam produk susu dan sayuran hijau diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang .
  • Selain itu, nutrisi lain seperti mineral , karbohidrat dan vitamin tidak boleh diabaikan karena mereka juga berkontribusi terhadap pertumbuhan yang tepat dari tubuh. Kebutuhan nutrisi juga dapat dipenuhi dengan mengambil suplemen dalam jumlah terbatas .



6. Hindari faktor penghambat pertumbuhan

Menggunakan obat-obatan dan alkohol di usia muda bisa sangat berbahaya. Mengkonsumsi ini dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat dan kurang gizi, sehingga mencegah Anda mencapai ketinggian penuh. Asupan kafein harus dibatasi, terutama di kalangan anak-anak karena membuat Anda menjauh dari tidur nyenyak dan teratur. Selain itu, steroid juga menghambat pertumbuhan tulang pada anak-anak, yang dapat mempengaruhi tinggi badan mereka.


7. Sistem kekebalan yang kuat:

Penyakit tertentu juga dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat. Ini dapat dihindari dengan imunisasi rutin dan meminum banyak vitamin C yang ditemukan dalam buah seperti jeruk, belimbing dan lemon. Sistem kekebalan tubuh dapat tetap kuat dengan makan makanan yang utuh dan segar serta menghindari makanan olahan dan terhidrogenasi seperti margarin.

No comments:

Post a Comment