Thursday, July 11, 2013

10 Pertanyaan penting dan Fakta tentang susu non fat



1. Apakah susu non fat itu ?
Susu non fat adalah susu yang dibuat dari susu segar yang hampir seluruh kadar lemaknya dihilangkan , namun tetap memberi segala manfaat susu bagi tubuh kita.


2. Manfaat apa yang dapat saya peroleh dari susu non fat?
Susu non fat dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan tubuh akan protein, kalsium, mineral, dan vitamin tanpa memberikan lemak ekstra ataupun kalori yang berlebihan.


3. Apakah susu non fat hanya bermanfaat bagi orang - orang yang melakukan diet?
Tidak, susu non fat juga dibutuhkan pada usia dewasa, untuk pria dan wanita yang memiliki berat badan normal dan ingin selalu sehat.


4. Mengapa susu non fat penting untuk menjaga kesehatan pada usia dewasa?
Sebab dengan bertambahnya usia kita perlu menjaga pemasukan lemak dan kolestrol ke dalam tubuh

5. Tidakkah lemak dibutuhkan lagi pada usia dewasa?
Lemak tetap dibutuhkan pada usia dewasa sebagai sumber energi. Tetapi setelah masa pertumbuhan kebutuhan akan lemak menurun sehingga cukup didapat dari lauk pauk sehari hari

6. Adakah kelebihan lain dari susu non fat?
Ya, susu non fat mengandung lebih banyak kalsium dan protein daripada susu biasa.

7. Apakah protein masih tetap dibutuhkan pada usia dewasa?
Tentu !, tanpa memandang usia , protein tetap dibutuhkan untuk memperbaiki sel - sel tubuh yang rusak akibat aktivitas sehari - hari.


8. Apakah manfaat kalsium pada usia dewasa?
Kalsium memiliki peranan penting dalam sistem otot dan tulang. Kalsium yang cukup juga dapat membantu mencegah terjadimya osteoporosis.

9. Apakah osteoporosis itu?
osteoporosis adalah kerapuhan pada tulang yang sering terjadi pada usia lanjut, yang disebabkan oleh kekurangan kalsium dalam jangka panjang. Hal ini dapat dicegah dengan meminum susu non fat yang mengandung kalsium lebih tinggi daripada susu biasa

10. Bagaimana penggunaan yang tepat dari susu non fat?
Minumlah segelas susu non fat setiap hari agar tubuh anda sehat, bugar, dan aktif tanpa kuatir menjadi gemuk.


NAMUN, TETAP SAJA ADA HAL YANG PERLU ANDA KETAHUI LEBIH SEBELUM MENYANTAP SUSU NON FAT.....
  
a. Terdapat bahan misteri yang mereka tidak beritahu.

Sebelum diolah, susu skim memiliki warna kebiruan yang sangat menggugah selera, rasa berkapur, dan tekstur berair yang tidak menyerupai susu alam sama sekali. Jadi, untuk memutihkan, menebalkan, dan membuat rasanya sedikit lebih normal, padatan susu bubuk sering dicampur ke dalam susu.
Apa yang begitu buruk tentang susu bubuk? Nah, dalam proses manufaktur, susu cair dipaksa melalui lubang-lubang kecil pada tekanan yang sangat tinggi, yang menyebabkan kolesterol dalam susu beroksidasi, dan membentuk nitrat beracun . Kolesterol yang teroksidasi memberikan kontribusi pada penumpukan plak di arteri, sementara unoxidized kolesterol dari makanan yang tidak diolah sebenarnya merupakan antioksidan untuk membantu memerangi peradangan dalam tubuh. Protein yang ditemukan dalam susu bubuk begitu terdenaturasi sehingga mereka tidak dikenali oleh tubuh dan berkontribusi terhadap peradangan.
b. Mungkin mengandung antibiotik, cairan tubuh jahat, dan GMO

Susu non fat yang akan Anda temukan di toko kelontong sebagian besar adalah produk yang diproduksi secara massal dari hewan yang memiliki kriteria makanan khusus, atau pabrik peternakan khusus, di mana sapi disimpan dalam kurungan dan diberi diet yang benar-benar tidak pantas bagi spesies mereka. Karena sapi dirancang untuk makan rumput, ketika mereka diberi makan diet yang terutama terdiri dari jagung, mereka sakit.
Dan karena mereka sakit, mereka sering diberikan antibiotik untuk menjaga mereka hidup sehingga mereka dapat terus berproduksi. Juga yang lain adalah suntikan hormon pertumbuhan sapi rekombinan, atau rBGH, karsinogen dikenal dilarang di hampir setiap negara industri di dunia. The "rekombinan" bagian dari hormon pertumbuhan, yang merupakan rekayasa genetika dari hormon pertumbuhan alami sapi untuk merangsang produksi susu meningkat
C. Tidak akan membuat atau membuat Anda kurus
 
Para peneliti di sekolah kedokteran Harvard menemukan bahwa, bertentangan dengan hipotesis mereka, "non fat dan susu 1% dikaitkan dengan kenaikan berat badan, tapi lemak susu tidak," dalam sebuah studi di mana ribuan kebiasaan minum susu anak-anak yang disurvei.

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet rendah lemak, mirip dengan diet rendah kalori, tidak mengakibatkan penurunan berat badan jangka panjang dan peningkatan kesehatan, melainkan mengarah hanya untuk penurunan "sementara" berat badan - itu akan menjadi beban yang datang menumpuk segera kembali setelah kita tidak melakukan diet lagi. Hal ini karena lemak sehat sebenarnya mengekang nafsu makan dan memicu produksi hormon yang memberitahu otak bahwa anda sudah kenyang.  
Jika Anda tidak makan lemak, Anda akan terus-menerus lapar, dan justru mengarah pada makanan yang tidak sehat, seperti cemilan atau junk food. Susu bebas lemak pada dasarnya mengirimkan sinyal ke tubuh bahwa ada sesuatu yang hilang, yang menyebabkan makan berlebihan dan kenaikan berat badan.

SEDANGKAN KELEBIHANNYA ADALAH :


A. Kesehatan jantung
Kerugian terbesar dari susu adalah tingginya kandungan lemak jenuh. Satu cangkir susu mengandung 5 gram lemak jenuh yang hampir seperempat dari batas asupan harian Anda. Seluruh susu juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi dengan sekitar 25 miligram per porsi. Tinggi asupan lemak jenuh dan kolesterol secara signifikan dapat meningkatkan peluang Anda untuk terkena penyakit fatal seperti stroke dan serangan jantung. Jika Anda memiliki atau memiliki riwayat keluarga tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi atau penyakit kardiovaskular lainnya, beralih dari susu biasa ke susu tanpa lemak jelas diperlukan. Orang tua juga harus minum susu non fat ketimbang susu biasa untuk mencegah penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah mereka. Bahkan, penelitian telah menghubungkan konsumsi rendah lemak atau susu non fat, menurunkan risiko hipertensi arteri dan penyakit jantung koroner.
B. Sumber kalsium
Mungkin kriteria nilai gizi yang paling penting dari sebuah susu adalah tingginya kadar kalsium. Satu cangkir susu dapat menyediakan sekitar 25% sampai 30% dari asupan kalsium harian yang direkomendasikan. Kalsium pada susu kalsium (non fat) lebih mudah untuk diserap dibandingkan kalsium dari sayuran, dan dengan menghilangkan kandungan lemak, penyerapan kalsium menjadi lebih efisien. Penelitian telah menunjukkan bahwa lemak jenuh dalam susu dapat mencegah penyerapan usus anda terhadap kalsium. Oleh karena itu bagi orang tua dan terutama wanita menopause , berada dalam resiko yang lebih tinggi terhadap kekurangan kalsium. Meminum susu no fat adalah solusi terbaik untuk mencegah penyakit seperti osteoporosis, tekanan darah tinggi dan gangguan neuromuskuler. 
C. Kesuburan dan Kanker
Sebuah studi pada tahun 2006 menunjukkan bahwa asupan susu lemak rendah atau susu non fat dapat mengganggu kemampuan seorang wanita untuk ber ovulasi sedangkan asupan makanan susu berlemak tinggi dapat meningkatkan kesuburan wanita. Jika Anda berencana untuk bayi atau sedang hamil, Anda harus tetap minum susu biasa.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa minum susu no fat dapat mengurangi potensi Anda terkena kanker kolorektal. Penelitian lain menunjukkan bahwa susu non fat dapat mempromosikan terjadinya kanker prostat laki-laki sedangkan susu dapat membantu mencegahnya. Sampai dengan tanggal saat ini, masih belum ada kesimpulan mutlak tentang bagaimana susu mempengaruhi risiko kanker. 

Baiklah, kembali lagi kepada anda sendiri apakah masih tertarik untuk meminumnya atau tidak, kalau saya sih selama enak pasti saya konsumsi.

2 comments:

  1. Yang pasti aku suka susu, dan saat aku sudah mulai menggemuk, aku beralih ke susu low fat, ternyata emang kandungan lemaknya 1% aja, proses olahnya juga dijelasin nih disini >> http://mymilk.com/articles-tips/fun-fact/ini-perbedaan-susu-low-fat-dengan-susu-yang-lain

    ReplyDelete
  2. Jualnya dmn susu sapi non flat??apakah susu sapi yg diperas langsung dr sapi trus dikonsumsi tergolong non flat??

    ReplyDelete