Sunday, December 22, 2013

Tetap SEHAT dan CANTIK di Atas Usia 30 Tahun


Kalsium membantu proses pembentukan struktur tulang serta gigi yang kuat dan sehat. Mengingat mineral ini terus diperlukan sepanjang usia, maka kekurangan kalsium dapat menyebabkan gigi keropos.
Kesemutan, kram, atau kejang mungkin sering anda alami. Bisa jadi anda sedang kekurangan kalsium untuk mencukupi kekurangan itu. Jika tidak , tubuh akan mengambilnya sendiri dari tulang anda (tempat penyimpanan kalsium). Bila kalsium dari tulang terus diambil, lama - kelamaan kepadatan dan massa tulang menjadi berkurang. Akibatnya bisa diduga, tulang pun akan keropos dan mudah patah. Tubuh bungkuk dan penampilan menjadi kaku, merupakan wujud fisik dari keadaan ini.

Selain itu kekurangan kalsium juga dapat menyebabkan ketidak stabilan saraf , kejang otot, kerusakan dan pembengkakan tulang dan gusi, serta gannguan detak jantung. Keadaan ini sering kali ditandai dengan munculnya gejalan alergi (ekstrim dan bintik merah) serta berbagai kondisi umum lainnya. 

Mengkonsumsi kalsium sesuai kebutuhan tubuh memang seharusnya dimulai sejak dini, bahkan sejak bayi dalam kandungan ibu. Dalam kandungan, kalsium dibutuhkan guna membantu pertumbuhan janin lebih sempurna. Juga untuk membantu proses pembentukan tulang dan gigi bayi di kemudian hari. Pada masa balita, pertumbuhan tulang sedang berlangsung dan mengalami puncaknya saat usia mencapai masa reproduksi . Bahkan setelah perkembangan tulang terhenti, yaitu saat usia kita di atas 30 tahun. Konsumsi kalsium harus senantiasa memadai sesuai kebutuhan tubuh.

Jumlah kalsium yang dibutuhkan tubuh tergantung usia dan jenis kelamin. Wanita dewasa di atas 25 tahun , membutuhkan kalsium lebih banyak dibanding pria dan akan meningkat pada saat hamil dan menyusui serta setelah menopause. Kebutuhan ini sering kali sulit terpenuhi hanya dengan mengandalkan makanan sehari - hari yang mengandung kalsium. Itulah sebabnya keberadaan kalsium tambahan menjadi begitu penting

Berikut tabel kebutuhan kalsium per hari (mg) berdasarkan tingkatan usia dan jenis kelamin


1 comment:

  1. Jammy Casino Online | Jtm Hub
    Join Jammy and 충청남도 출장안마 the online gaming world's leading 익산 출장마사지 community 세종특별자치 출장안마 for 부산광역 출장마사지 all your favorite online 안양 출장마사지 slots, blackjack, poker, bingo, table games and more.

    ReplyDelete