Saturday, June 29, 2013

Materi Pembuatan Pupuk Kompos Sederhana

Kompos merupakan hasil fermentasi atau dekomposisi dari bahan-bahan organik seperti tanaman, hewan, atau limbah organik lainnya dan bahan - bahan yang digunakan merupakan bahan - bahan sisa, jadi bisa mengirit duit. Komposyang digunakan sebagai pupuk disebut pupuk organik karena penyusunnya terdiri dari bahan-bahan organik.


Pengertian Organik sendiri adalah :
golongan besar senyawa kimia yang molekulnya mengandung karbon, kecuali karbida, karbonat, dan oksida karbon. Nama "organik" merujuk pada sejarahnya, pada abad ke-19, yang dipercaya bahwa senyawa organik hanya bisa dibuat/disintesis dalam tubuh organisme melalui vis vitalis - life-force. Kebanyakan senyawaan kimia murni dibuat secara artifisial.
Jadi bahan - bahan organik adalah bahan - bahan yang terbuat secara alami dari alam , yang tidak mengalami rekayasa material/ bahan.

Proses awal dimulai dari PENGUMPULAN BAHAN :
           
Proses ini merupakan proses di mana kita akan mengumpulkan sampah-sampah organik untuk dijadikan bahan dalam pembuatan pupuk kompos. Selanjutnya Sampah - sampah tersebut dikumpulkan dan ditampung di ruang penampungan. Di tempat ini sampah non organik dipisahkan dengan sampah organik.





No comments:

Post a Comment