Monday, June 17, 2013

Teknologi Pengolahan Pakan


Pakan adalah segala sesuatu yang dapat dimakan, dapat dicerna sebagian atau seluruhnya dan bermanfaat bagi ternak, oleh karena itu apa yang disebut pakan adalah segala sesuatu yang dapat memenuhi persyaratan tersebut di atas dan tidak menimbulkan keracunan bagi ternak yang memakannya (Kamal, 1994). Kebutuhan pakan terkait erat dengan jenis ternak, umur ternak, tingkat produksi. Konsumsi bahan kering (DW) pakan ditentukan oleh tubuh ternak. Macam ransum, umur, penyakit, lingkungan, kondisi ternak dan defisiensi nutrient tertentu (Tillman,1998).
Seiring dengan berjalannya waktu, populasi ternak semakin meningkat yang berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah pakan yang harus tersedia. Selain itu, untuk mencapai produktivitas ternak yang tinggi, selain kualitas genetik harus baik, kualitas pakan pun harus baik. Akan tetapi, disisi lain jumlah lahan untuk tanaman pakan semakin menurun seiring dengan bertambahnya populasi manusia. Dan, masalah klasik yang dialami peternak dalam penyediaan pakan dari segi musim adalah melimpahnya pakan di musim hujan dan berkurangnya pakan di musim kemarau. Belum lagi kualitas dari pemanfaatan bahan atau material dari ikutan produk pertanian / agroindustri masih terbilang rendah karena belum semua kalangan mampu untuk mengolahnya menjadi bahan pakan dengan kualitas baik. Karena itu, dibutuhkan pengolahan bahan pakan yang baik untuk memenuhi kebutuhan pakan bagi meningkatnya populasi ternak dan untuk meningkatkan produktivitas ternak.
Pengolahan pakan merupakan suatu kegiatan untuk mengubah pakan tunggal atau campuran menjadi bahan pakan baru atau pakan olahan. Bahan pakan baru yang dihasilkan dari proses pengolahan diharapkan mengalami peningkatan kualitas. Proses pengolahan pakan ini mempunyai beberapa tujuan diantaranya meningkatkan kualitas bahan, pengawetan, meningkatkan palatabilitas, efesiensi pakan.
Pemilihan terhadap cara pengolahan yang tepat terhadap bahan pakan perlu dilakukan sehingga pengolahan yang dilakukan akan benar-benar bermanfaat meningkatkan kualitas nutrisinya. Pengolahan pakan dapat dilakukan dengan cara mekanik, teknis, kimia, biologis bahkan campuran dari berbagai pengolahan.

No comments:

Post a Comment