Tuesday, June 25, 2013

Pengenalan Penyakit Leptospirosi

Leptospirosis adalah infeksi yang telah terdistribusi di seluruh dunia yang disebabkan oleh spirochaetes dari genus Leptospira, menginfeksi banyak spesies hewan yang liar maupun jinak.

Leptospira adalah organisme alami air dan ditemukan di air tawar, tanah lembab, vegetasi, dan lumpur. Banjir dapat menyebarkan organisme ini , seperti air jenuh dan air tanah, leptospira secara mulus langsung memasuki perairan.
 
Sumber utama infeksi pada manusia adalah tikus namun sumber lain termasuk anjing, sapi, babi, dan hewan liar lainnya. Hewan yang terinfeksi membawa bakteri di dalam ginjal mereka, sering tanpak binatang tersebut menjadi tidak sehat. Mereka dapat mengekskresikan leptospira dalam urin mereka untuk beberapa waktu. Para spirochaetes adalah gudang dari urin dan dapat bertahan hidup di lingkungan selama beberapa bulan dalam kondisi lembab dan kondisi hangat.
 
Penyakit diperoleh melalui kontak dengan air atau tanah yang tercemar, atau melalui kontak dengan urin atau jaringan hewan yang terinfeksi.Mereka memasuki aliran darah melalui kulit terkelupas atau mukosa dari air atau tanah yang tercemar.
    
Infeksi terjadi sebagai dua sindrom: anicteric (yang membatasi diri) dan leptospirosis ikterik (penyakit Weil).

 

epidemiologi

1.Dilaporkan menjadi zoonosis yang paling luas di dunia (memiliki insiden lebih besar di daerah yang beriklim hangat daripada di daerah beriklim dingin).
2.Leptospirosis jarang di Inggris. Biasanya ada kurang dari 40 kasus setiap tahun di Inggris dan Wales.
3.Sebagian besar penduduk dengan antibodi-positif di berbagai bidang seperti pedesaan Belize dan Vietnam. Leptospirosis adalah penyakit manusia yang signifikan di bagian timur dan selatan Eropa, Australia dan Selandia Baru.
4.Hal ini paling sering mempengaruhi remaja dan orang dewasa dan lebih sering terjadi pada pria.
5.Faktor risiko termasuk pekerja limbah, wisatawan (misalnya berenang di air yang terkontaminasi), petani, dokter hewan, pekerja rumah potong hewan, pekerja kontrol hewan pengerat, dan pekerjaan lainnya dengan hewan.


No comments:

Post a Comment