Saturday, August 3, 2013

7 Makanan Bergizi Prima untuk DIET

Inilah Tujuh di antara bahan makanan domestik yang
unggul dalam gizi , mudah diperoleh , mudah diolah

Anda ingin tubuh sehat dan bugar? Tak perlu mencari - cari makanan 'ajaib' dan mengesankan mujarab. Makanan sehari - hari kita pun banyak yang unggul kandungannya. Dengan kata lain, dapat membantu mencukupi kebutuhan tubuh kita akan zat - zat yang diperlukan untuk sehat dan bugar. Selain itu, relatif murah dan dapat dengan mudah diperoleh.

1. Mangga

Keunggulan :
Mangga bermanfaat sebagai pembersih darah, menurunkan panas badan, dan menghilangkan bau badan. Walau jenisnya banyak, kandungan gizinya sebetulnya hampir sama. Yang jelas, kadar vitamin c pada mangga muda lebih tinggi ketimbang mangga matang. Tapi sebaliknya, mangga matang memiliki kadar serat, vitamin b1 dan b2 yang lebih banyak. Setiap 100 gram mangga matang mengandung vitamin C sebanyak 41 mg, sedangkan mangga muda 65 mg.

Catatan :
Mengkonsumsi sebuah mangga sehari sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin C. Namun, jika mengkonsumsi mangga muda terlalu banyak , bisa memicu diare. Ini disebabkan oleh vitamin C yang berlebihan dalam tubuh.

2. Nasi

Keunggulan :
Kaya hidrat arang kompleks dan asam amino essensial. Mengandung fosfor, magnesium, serat, dan vitamin E. Kontribusinya penting bagi pemebentukan energi tubuh. Dalam 100 gram beras terkandung energi 360 kalori. Bila anda makan tiga kali, artinya anda mengkonsumsi nasi sekitar 300 - 350 gram per hari. Jumlah ini setara dengan 25 gram protein ( tubuh memerlukan 46 gram protein setiap hari ) , karena setiap gram beras mengandung 7% protein. Dengan demikian, ketimbang makanan pokok lain, seperti singkong atau ubi jalar, nasi lebih unggul kecukupan gizinya.

Catatan :
Karena rasanya enak, kadang - kadang nasi dikonsumsi lebih banyak dari yang seharusnya. Jadi, batasilah makan nasi, terutama di malam hari, bagi anda yang ingin menurunkan berat badan.

3. Jeruk

Keunggulan :
Banyak pilihan buah jeruk yang dapat kita konsumsi. Ada jeruk bali, jeruk garut, jeruk medan, dan jeruk nipis. Kandungan energinya berkisar antara 37-48 kalori per 100 gram. Tapi, jeruk bukan unggul dalam energi melainkan kadar vitamin c. Ini hampir setara dengan sari buah dalam satu bungkus tetrapack. Kebutuhan tubuh akan vitamin C hanya 60 mg sehari. Jadi mengkonsumsi sebuah jeruk sehari, diperkirakan sudah cukup memenuhi. Kandungan vitamin A nya dalam bentuk beta karotin relatif tinggi dibanding buah lainnya.

Catatan :
Jangan kebanyakan mengkonsumsi Jeruk, dapat mengakibatkan diare

4. Jagung

Keunggulan :
Merupakan serealia yang gizinya hampir setara dengan nasi. Kandungan energinya bisa mencapai 300 kalori per 100 gram. Setiap gramnya, jagung menyumbang protein sebanyak 8% bila dikonsumsi tubuh. Selain itu juga , ia sarat fosfor dan kalsium. Dengan kadar zat besi 2,4 mg per 100 gram (tiga kali besi beras) , jagung menyamai khasiat daun singkong sebagai sumber zat besi.

Catatan :
Bila ingin mengganti nasi yang merupakan makanan pokok, jagung merupakan pilihan tepat

5. Telur

Keunggulan :
Dari dulu telur dikenal sebagai bahan pangan mulltikhasiat, Banyak ramuan jamu tradisional memasukkan telur sebagai menu utamanya. Tapi yang lebih penting, telur merupakan makanan bergizi yang relatif murah. Kandungan proteinnya 12 gram setiap 100 gram, Jadi sebutir telur mengandung protein sekitar 7 gram. Setiap mengkonsumsi 100 gram anda mendapatkan 160 kalori
Banyak orang menganggap telur ayam kampung lebih baik dari ayam ras. Hal ini disebabkan oleh kadar proteinnya, yaitu komposisi asam amino penyusun protein pada telur ayam kampung mengandung asam - asam amino esensial yang lebih tinggi daripada telur ayam ras. Karena itu, telur ayam kampung lebih bergizi dan mahal.

Catatatn :
Hati - hatilah jika anda senang mengkonsumsi telur mentah, sebab mengandung avidin yang menghambat penyerapan vitamin A. Dalam keadaan mentah telur juga dapat terkontaminasi bakteri salmonella, terutama bila kulit telurnya kotor oleh kotoran ayam. Tambahan lagi, bahwa sebenarnya protein telur mentah belum siap untuk dicerna oleh pencernaan manusia

6. Susu

Keunggulan :
Tanpa susu , menu sehari - hari jadi tidak sempurna. Bukan cuma karena kandungan energinya yang cukup tinggi (35 - 130 kalori per gram) tapi juga karena kalsiumnya. Setiap 100 gram susu mengandung 116-290 mg kalsium . Mengkonsumsi susu segelas setiap hari, akan menjaga tubuh dari osteoporosis.

Catatan :
Banyak orang Indonesia tergolong dalam kelompok penderita intoleransi laktosa, artinya hanya memiliki sedikit enzim laktase dalam lambungnya ( di seluruh dunia, diperkirakan lebih dari 60% bangsa kulit berwarna merupakan penderitanya, termasuk kita). Maka minum susu, sering menimbulkan masalah seperti perut kembung atau diare.

7. Apel

Keunggulan :
Ada pepatah barat yang mengatakan " eat apple a day, keep the doctor away". Rahasianya terletak pada kandungan karoten dan pektrin, serat yang larut dalam air. Pektin yang diperoleh dari kulit apel, bila dimakan bersama dagingya akan membersihkan racun tubuh, memperbaiki pencernaan, dan mendorong sisa makanan pada saluran pembuangan. Pektin juga bertindak sebagai agen anti kolestrol yang bermanfaat bagi kesehatan pembuluh darah. Bagi diet, apel cocok, karena kadar gulanya rendah. Bahkan, apel mengandung senyawa antikanker, seperti asam elogat dan asam kafeat.
Beberapa jenis vitamin dan mineral terkandung dalam apel seperti kalsium, fosfor, vitamin c, dan vitamin A, walau nilainya rendah. Justru kadar energinya cukup tinggi, yaitu 58 kalori.

No comments:

Post a Comment