Monday, August 5, 2013

Tips - tips Peta serta GPS dan Penggunaannya



Kita baru tiba di suatu kota dan hendak menuju suatu tempat. Tapi kita tidak tahu dimana persisnya letak tempat yang hendak dituju itu. Sementara itu, kita memiliki peta,  baik Peta jalan (road map) ataupun juga anda menggunakan peta GPS untuk mengetahui tentang situasi jalan kota itu. Tip di bawah ini dapat membantu anda menggunakan peta dan GPS.

1. Utara Peta

Untuk bisa menggunakan peta, kita mesti memahami beberapa hal yang mendasar dari fisik peta. Peta selalu menempatkan arah utara pada bagian atas, sehingga arah selatan ada di bagian bawah peta, arah timur di sebelah barat dan kanan di sebelah kiri

2. Utara Sebenarnya

Kita harus bisa mengenali , di posisi mana kita berada. Caranya bisa dengan bertanya masyarakat setempat, atau memperhatikan tanda - tanda alam, seperti matahari terbit pasti di timur dan terbenam di barat. Tapi cara paling praktis adalah dengan menggunakan Kompas, seperti yang biasa dipasang pada dashboard mobil, di tali jam tangan, ataupun kompas kecil bundar yang bisa dikantongi. Tanda merah di ujung jarum kompas menunjukkan arah utara, dan ujung lainnya pastilah selatan. Dari situ, arah barah dan timur juga dapat diketahui.



3. Posisi Diri

Setelah tahu posisi keberadaan kita, carilah titik yang menjadi arah tujuan kita. Dengan mengetahui titik posisi keberadaan dan titik tujuan, maka kita bisa memperkirakan ruas - ruas jalan yang mesti ditempuh untuk mencapai tempat yang dituju. Untuk memastikan pilihan ruas jalan, cari tanda - tanda kota yang bisa jadi patokan, seperti landmark (biasanya berbentuk monumen, bangunan pencakar langit,atau taman kota). Pelajari tanda - tanda khusus dan keterangannya yang ada di peta, misalnya tanda bendera menunjukkan lapangan golf, tanda bintang menunjukkan kantor pemerintah, dan lainnya.

4. Manfaatkan Indeks

Peta yang baik, khususnya peta jalan suatu kota, umumnya dilengkapi indeks atau catatan pendukung. Lewat indeks ini kita bisa mengetahui dimana posisi kita pada peta , dan dimana titik posisi yang menjadi tujuan kita. Bahkan pada peta yang lengkap, nama jalan bisa ditelusuri melalui kode angka dan huruf petunjuk nomor halaman peta dan melalui garis - garis quadran (pertemuan garis - garis lintang dan bujur).

5. Paduan Arah

Jika telah mengetahui titik tempat mana kita berdiri, dan telah tahu dimana titik quadran yang hendak dituju, maka kita tinggal mengarahkan bagian atas peta (yang berarti arah utara) searah dengan titik utara yang sebenarnya.

No comments:

Post a Comment