Saturday, July 13, 2013

Seluk Beluk Penyakit Maag


Pernah Muntah berasa cairan asam pada saat - saat tertentu?
Itu tanda naiknya asam lambung secara berlebihan. 
Mungkin semula tidak dirasakan sebagai hal yang serius. Namun 
tetaplah waspada. Pasalnya anda berpotensi sebagai penderita 
penyakit maag




T anda selanjutnya asam diproduksi secara berlebihan adalah perut terasa nyeri , perih (kembung dan sesak) , pada bagian perut (ulu hati), dan cairan asam itu muntah ke mulut. Rasa nyeri itu bila tidak ditangani secara memadai akan mengarah pada lukanya lambung hingga penderitanya muntah asam bercampur darah. Biasanya nafsu makan juga menurun drastis , wajah pucat, suhu badan naik, keluar keringan dingin , dan sering bersendawa , terutama dalam keadaan lapar.

Maag muncul dalam tingkat keparahan yang berbeda dan dapat berupa maag kronis atau akut. Beberapa penyebab maag telah diketahui, tetapi pada banyak kesempatan, sering tidak ada penjelasan. Terlepas dari jenis atau seberapa parah,berikut penjelasan beberapa tanda dan gejala dapat muncul ketika Anda memiliki gangguan perut seperti ini :

1. sakit
Maag adalah suatu kondisi dimana nyeri dirasakan di bagian atas perut dan dada bagian atas. Ini datang disertai dengan sensasi terbakar dan perasaan kembung di perut Anda.

2. asam reflux 
Asam reflux adalah gejala dari kondisi yang disebut gastroesophageal reflux disease (GERD). Dengan refluks asam, asam dari perut Anda kembali sampai ke kerongkongan dan tenggorokan, sehingga menyebabkan iritasi dan rasa asam di mulut Anda.

 3. mual 
Mual ditandai dengan perasaan di dalam perut bahwa Anda harus muntah. Ini adalah gejala dari gangguan perut yang disebut gastroparesis. Dengan kondisi ini, proses pencernaan makanan berlangsung sangat lambat yang juga dapat menyebabkan obstruksi.

4. burning (rasa panas terbakar)
burning adalah gejala dari tukak lambung. Ini adalah luka terbuka yang berkembang di dinding lambung dan disebabkan oleh bakteri. Ketika bisul menjadi semakin parah, mereka juga dapat menyebabkan muntah, diare berdarah dan penurunan berat badan.

5. hiatal hernia
Hiatal Hernia terjadi ketika bagian atas lambung mendorong melalui sebuah lubang antara lambung dan kerongkongan. Hal ini menyebabkan gejala seperti nyeri dada, nyeri ulu hati, sendawa dan, dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan kesulitan menelan karena kerongkongan Anda menjadi terhambat. Gejala ini dapat diperburuk ketika Anda bersandar ke depan, berbaring atau mengangkat benda berat. 

6. peradangan 
Radang selaput lambung adalah tanda gastritis. Selain mual dan muntah, gejala lain termasuk sering kembung, bersendawa dan mengalami penurunan berat badan. 

Read more: http://www.livestrong.com/article/22171-signs-symptoms-stomach-disorders/#ixzz2Yz1l1qOC

Sebenarnya asam lambung adalah cairan alami yang berjasa untuk melumatkan bahan makan yang masuk ke dalam perut. Asam itu akan berproduksi secara proporsional guna mengimbangi bahan makanan yang hendak dilumatkan , sebelum saripati bahan makanan ini dialirkan kepada organ tubuh yang membutuhkan , dan sisanya dialirkan ke usus besar untuk kemudian dibuang lewat saluran ekskresi (anus)

Telat makan adalah hal yang paling gampang ditengarai sebagai penyebab sakit maag. Namun kehidupan modern yang penuh ritme tekanan serta gaya selera makan turut menyumbang terhadap meningkatnya penyakit lambung ini. faktor penyebab itu antara lain : Makan secara tidak teratur, mengkonsumsi makanan yang terlalu asam, pedas, dan berminyak, merokok, terlalu banyak minum kopi dan alkohol, stress yang berlebihan, obat - obatan yang dikonsumsi secara serampangan sehingga mengiritasi lambung.

Berikut sedikit penjelasan , mengenai faktor - faktor tersebut :





Hal tersebut di atas turut menyumbang dirangsangnya asam lambung secara berlebihan . Langkah efektif untuk mencegah timbulnya maag adalah menentukan pola hidup yang berlawanan seperti di atas, seperti : makan teratur dalam jumlah yang tepat, berhenti merokok, tidak minum minuman beralkohol, mengurangi konsumsi kopi, hindari penggunaan obat - obat yang dapat mengiritasi lambung, hindari mengkonsumsi makanan pedas dan asam yang susah dicerna oleh lambung, demikian pula bahan makan mengandung gas dan seperti ubi dan nangka, hindari stress dengan melakukan olahraga secara teratur. 

Bila terserang maag, langkah yang disarankan adalah mengistirahatkan lambung , lalu mengkonsumsi makanan yang ramah lambung, seperti sereal, kentang rebus, dan pisang, memperbanyak minum air putih atau teh hangat, bila terasa nyeri di lambung gunakan obat maag yang mengandung antasida dan simetikon. berikut penjelasan lebih lanjut :

1.Hindari tidur telentang. Jika Anda memilih tetap tidur telentang, sebaiknya usahakan untuk mengangkat kepala Anda saat Anda tidur, akan menurunkan sensasi refluks asam. Hal ini karena posisi tinggi akan membuat asam berhenti naik ke dada Anda.

2.Mengunyah antasida (obat maag). Untuk membantu menenangkan setiap gangguan pencernaan yang disebabkan oleh terlalu banyak gas atau refluks asam. Dengan begitu banyak pilihan di pasar, Anda harus dapat menemukan satu yang mengurangi gangguan pencernaan cepat.

3.Pilihlah pengobatan rumah . Untuk membantu meringankan ketidaknyamanan pencernaan. Anda harus memeriksa dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum mencoba ini atau obat rumah pencernaan lainnya.   
  • Cobalah minum segelas air hangat dicampur dengan 1 sdt. baking soda dgn sedikit jus lemon. Ramuan ini akan membantu menetralisir asam lambung. Perhatikan bahwa obat ini tidak boleh digunakan secara rutin karena baking soda tidak kondusif untuk diet rendah natrium. Selain itu, baking soda dapat merusak lambung, jadi cek dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum memilih untuk obat ini.
  • Pertimbangkan secangkir chamomile atau teh mint untuk membantu menghilangkan perasaan mual. Rendam teh celup pilihan Anda ke dalam secangkir air mendidih, dan seduh teh selama 10 menit. Minum teh Anda perlahan-lahan.
  • Buat campuran 4-seed Asian mix untuk dikunyah yang akan membantu menyembuhkan sakit maag yang disebabkan oleh banyaknya gas. Menggabungkan perpaduan anise, dill, fennel dan carraway seeds dengan takaran 1 sdt. Haluskan campuran bersama-sama sebelum perlahan-lahan dikunyah sekitar 1/2 sdt.
  • Tenangkan pencernaan dengan makan jahe manisan. Anda dapat menemukan permen ini di toko kelontong atau toko makanan kesehatan. Ini juga merupakan obat yang baik untuk anak-anak kecil.   
4.Mencoba untuk mengurangi ketidaknyamanan dengan mempelajari cara terbaik untuk mencegahnya. Misalnya, mengkonsumsi segelas air hangat dicampur dengan 1 sdt cuka sari apel dan madu. 30 menit sebelum makan makanan Anda. Selain itu, Anda bisa menghindari makan makanan yang menyebabkan gangguan pencernaan Anda, menahan diri dari makan secara berlebihan, berhenti berolahraga setelah makan dan berhenti merokok.

5. Hubungi dokter Anda jika gangguan pencernaan Anda terus berlangsung. Jangan mengabaikan perasaan nyeri di dada, terutama digabung dengan berkeringat, sesak napas dan mual. Gejala dapat dikaitkan dengan kondisi yang lebih serius.

WANITA RAWAN MAAG

Dari survey yang dilakukan oleh PT Kimia Farma , Tbk di 5 kota besar , dari 10 wanita terdapat 8 orang yang pernah menderita atau terkena penyakit maag. Kaum wanita pun rawan terkena stress , penyebab utama dari penyakit tersebut karena sifatnya yang emosional saat menghadapi sesuatu 

No comments:

Post a Comment