Monday, July 29, 2013

AGAR makanan Tetap SEHAT


 HATI - HATI MENGOLAH MAKANAN!!


Di samping sandang dan papan, makan adalah merupakan kebutuhan primer manusia yang harus terpenuhi setiap hari untuk kelangsungan hidupnya. Akan tetapi lewat makan pula seseorang bisa berhenti hidupnya, alias meninggal yang disebabkan makanan yang dimakan mengandung racun atau terkenal dengan istilah keracunan makanan.

Dan rupanya keracunan makanan tidak hanya disebabkan oleh bahan - bahan makanan seperti yang sering terjadi, yaitu tempe bongkrek, makanan yang telah kadaluarsa, buah - buahan yang busuk , atau makanan - makanan yang telah basi saja. Namun dari bahan - bahan makanan yang segar / baikpun juga memungkinkan seseorang bisa terkena keracunan makanan . Ini dapat terjadi yang kemungkinan dari cara penanganan terhadap bahan - bahan makanan yang baik/segar tadi kurang bersih dan sehat.

Untuk menghindar hal - hal yang tidak kita inginkan, dibawah ini adalah tips yang diberikan oleh seorang dokter tentang cara penanganan makanan agar tetap sehat.

  1. Cucilah tangan sebelum menjamah
  2. Mengaduk makanan dengan alat bukan dengan tangan telanjang
  3. Cuci bahan makanan yang akan disantap mentah, dibawah air yang mengalir hingga bersih. Tujuannya melarutkan zat - zat berbahaya yang menempel
  4. Gunakan cobek dan muntu sendiri - sendiri antara yang menumbuk bahan mentah dan siap dimakan
  5. Gunakan talenan secara terpisah antara yang memotong bahan mentah dan matang. Semata - mata untuk menjaga pencemaran
  6. Jangan meletakkan makanan matang berdampingan dengan makanan mentah, supaya tidak terjadi pencemaran silang oleh bakteri
  7. Usahakan meletakkan makanan matang di rak yang paling atas.

No comments:

Post a Comment