Tuesday, July 23, 2013

WAJAH Mulus dengan HI - Tech

Dengan metode teknologi tinggi, jarum jam seakan dapat diputar mundur. 
Misalnya,untuk mengembalikan wajah anda ke 5-10 tahun yang lalu.
Dewasa ini memang banyak cara dan teknik baru yang dapat membuat 
wajah tampak lebih muda tanpa pisau operasi. 
Apa saja alternatifnya?

1. Goro - Tex

Wajah mulus berkat seutas benang. Mana mungkin? Namun mengapa tidak? Salah satu metode mutakhir untuk memuluskan wajah anda adalah goro - tex, yang menggunakan sejenis benang. Goro tex adalah bahan sintetis yang biasanya dipakai untuk kostum astronot NASA. Bahan ini sangat kuat dan lembut. Bila digunakan sebagai busana, bahan tersebut mampu beradaptasi dengan cuaca di sekitarnya. Selain itu, bahan ini juga tahan terhadap zat kimia, dan apabila ditaruh pada tubuh tidak menimbulkan reaksi menolak.

Awalnya, pada tahun 1979, Goro-tex , dipakai sebagai benang operasi oleh para dokter di Amerika Serikat. Baru pada tahun 1985, Goro - tex mulai dimanfaatkan di dunia kecantikan. Goro - tex diambil dari penemunya. W.Gore , banyak digunakan untuk membuat bibir yang tipis menjadi penuh (bervolume). Selain itu, dipakai juga untuk menghilangkan kerut di wajah , dengan cara mengganjal daerah yang berkerut itu dengan benang Goro - tex. Caranya, benang goro - tex disuntikkan di sela - sela (antara) kerut. Cara ini dilakukan dengan pembiusan lokal.

Berbeda dengan bahan lainnya yang harus diikat atau dilebur dalam tubuh (jaringan kulit) , goro-tex hanya diletakkan pada daerah kulit yang berkerut. Karena teksturnya licin, benda tersebut harus diletakkan dengan benar. Jika tidak , benang goro-tex, akan melorot ke luar, yang berarti wajah anda pun tak jadi mulus. Penerapan metode goro-tex cukup mudah. Dan, jika sewaktu - waktu anda ingin melepasnya cukup datang ke dokter.

2. Botox

Botox merupakan kependekan dari Botulinum Toxin, yaitu toksin yang dikembangkan dari bakteri Clostridium Botulinum. Sebelum dipakai di dunia kecantikan , Botox banyak dipakai di dunia kedokteran untuk mengatasi gangguan syaraf, misalnya kedutan yang terus menerus. Ternyata hasil sampingannya , bagian kulit yang telah disuntik dengan botox berubah menjadi kencang. Mulai saat itulah botox diperkenalkan pada dunia kecantikan, dan merupakan alternatif bagi wanita yang ingin menghilangkan kerutan di dahi, sudut mata, dan garis tawa.

Botox, mulai dipakai di dunia kosmetik medik pada tahun 1992, dengan tujuan untuk menghilangkan kerutan yang timbul pada saat wajah digerakkan (tertawa atau berpikir). Botox disuntikkan pada pertengahan otot kulit yang berkerut. Untuk melakukan metode ini hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 15 menit. Hasilnya kerut - kerut hilang, dan wajah pun tampak lebih muda beberapa tahun.

Untuk kerutan di dahi diperlukan dua kali suntikan. Sedangkan untuk kerutan di sudut mata, diperlukan 3 samapai 4 kali suntikan. Kulit yang kencang ini akan bertahan selama 4 sampai 6 bulan. Setelah itu dapat dilakukan pengulangan. Proses penyuntikkannya tidak menimbulkan rasa sakit, dan aman jika dosis diukur secara cermat. Namun, jika botox mengalir ke otot lain yang tidak dimaksudkan untuk dikencangkan , misalnya bagian mata, efek negatif akan timbul, yaitu mata menjadi sulit ditutup. Hal ini termasuk jarng terjadi. Namun jika terjadi, biasanya efek tersebut akan hilang dalam 1 - 2 minggu.

3. Injeksi Kolagen

Kolagen adalah protein alami di dalam tubuh dan bekerja seperti dempul yang mengisi celah - celah pada kulit. Pada usia tertentu, produksi kolagen pada manusia menjadi berkurang. Sehingga kulit pun menjadi kendur atau keriput. Bila anda ingin kadar kolagen pada kulit anda meningkat, salah satu cara adalah melakukan penyuntikkan kolagen langsung pada kulit. Dengan demikian, keriput, garis - garis, atau parut bekas jerawat akan hilang. Selain itu , injeksi kolagen juga digunakan untuk menambah volume bibir yang relatif tipis. Kolagen yang disuntikkan pada manusia ini, biasanya diambil dari binatang. Sapi misalnya.

Penyuntikkan dengan kolagen akan aman jika dilakukan dengan benar. Sebelum dilakukan penyuntikan , biasanya pasien menjalani tes alergi terlebih dahulu ( sebab sekitar 3% manusia memiliki kecenderungan alergi terhadap kolagen ). caranya kolagen disuntikkan dalam dosis kecil ke dalam kulit, kemudian ditunggu hingga empat minggu. Jika tidak ada reaksi negatif , penyuntikkan dengan dosis yang diperlukan bisa dilakukan. Proses dengan cara ini memakan waktu 20-30 menit dan kulit mulus akan bertahan sampai 6 bulan.

 

4. Injeksi Nasha

Injeksi Nasha ( non animal origin stabilised hyaluronic acid ) fungsinya mirip dengan kolagen , yaitu untuk mengisi kerutan pada wajah, lekukan di sudut bibir, atau menambah volume bibir. Injeksi ini dianggap lebih baik daripada injeksi kolagen, karena selain biayanya relatif lebih murah, kulit mulus akan bertahan lebih lama, yakni 9 sampai 12 bulan. Selain itu, injeksi nasha ini cocok bagi mereka yang mempunyai kulit jenis berminyak. Namun, untuk kerut di sudut mata, suntikan ini dianggap kurang efektif. Karena injeksi nasha ini memberi efek lebih sakit daripada injeksi kolagen.

Sebelum dilakukan penyuntikan, daerah yang akan diperbaiki diberi krim penahan rasa sakit. Penyuntikkan dilakukan 30 menit kemudian. Dan umumnya tidak diperlukan tes alergi, karena selama ini jarang terjadi seseorang alergi terhadap bahan nasha.

5. Dermabrasi

Dermabrasi adalah suatu teknik pengampelasan kulit hingga mencapai lapisan dermis dengan menggunakan alat yang berputar, Alat ini akan mengelupas kulit yang bermasalah , dengan harapan kulit baru akan tumbuh dengan kualitas yang lebih bagus. Dermabrasi efektif untuk masalah kulit yang relatif lebih berat, misalnya menghilangkan parut bekas luka atau jerawat. Dalam waktu kurang lebih 2 minggu akan tumbuh kulit baru yang lebih segar.

Karena proses dermabrasi ini memberi efek sakit (karena kulit dikelupas) , maka biasanya pasien mendapatkan pembiusan, Dengan demikian sebaiknya perawatan ini dilakukan oleh dokter ahli dan di tempat yang tepat, agar hasilnya benar - benar memuaskan.

Bentuk dermabrasi yang lebih ringan banyak ditawarkan oleh salon - salon kecantikanm yang disebut mikro epi-dermabrasi. Mikro epi-dermabrasi ini bekerja di atas lapisan dermis dan hanya dapat mengangkat sel - sel kulit mati sehingga kulit lebih lembut dan bersih. Mikro epi-dermabrasi menggunakan alat berputar yang tidak menimbulkan luka dan dibantu dengan krim berkristal halus yang disemprotkan untuk membersihkan kulit.

6. Peeling dengan larutan kimia

Chemical peeling adalah perawatan menggunakan larutan kimia yang berfungsi untuk membakar lapisan kulit (dermis atau epidermis) . Dengan hilang atau rusaknya lapisan kulit tersebut, diharapkan akan terjadi regenerasi kulit (munculnya kulit baru).

Ada empat jenis chemical peeling, yaitu very superficial peeling, superficial peeling, medium peeling, dan deep peeling. Superficial peeling digunakan untuk kerut kerut di wajah. Sedangkan untuk kerut dan keriput yang lebih dalam, digunakan medium peeling atau deep peeling.

Dengan medium peeling, pengelupasan kulit akan mencapai seluruh lapisan basal epidermis dan lapisan dermis atas. Dengan deep peeling pengelupasan terjadi pada seluruh lapisan epidermis, dermis lapisan atas dan tengah. Perawatan ini juga untuk mengurangi noda - noda cokelat (bercak penuaan) , kelainan pigmen, parut bekas jerawat, dan sebagainya.

Zat kimia yang digunakan pada chemical peeling di antaranya glicolic acid. sedangkan zat yang lebih kuat daripada glicolic acid adalah TCA (trichloroacetic acid) dan phenol, yang memberikan hasil hampir sama dengan sinar laser.

Untuk perawatan deep peeling, telah ditemukan suatu zat yang disebut blue peel. Zat ini bisa mencapai kedalaman kulit seperti kemampuan sinar laser. Blue peel dioleskan seperti masker di wajah . Untuk kasus yang relatif berat, biasanya dilakukan pembiusan pada pasien karena menimbulkan rasa sakit. Usai perawatan ini biasanya kulit berwarna kemerahan, Setelah 10 harim kulit mengelupas dengan sendirinya, kemudian akan tumbuh kulit baru yang lebih halus dan kencang.

Apabila anda memilih perawatan ini, sebaiknya memenuhi segala pantangan dan anjuran dokter. Misalya , tidak terkena air selama 24 jam. Dan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan , sebelum melakukan peeling konsultasikan dahulu dengan dokter ahli kulit

7. Sinar laser

Sinar laser ditemukan di pertengahan tahun 1990 an di Amerika Serikat. Saat ini banyak jenis sinar laser yang dipakai dalam bidang kosmetik medik. Dan, peminatnya pun cukup banyak karena hasilnya bisa dibilang permanen.

Dengan laser, penuaan kulit yang ditandai dengan keriput, kering, kasar, dan bercak pigmentasi dapat diatasi. Untuk kasus semcam itu, yang banyak dipakai adalah laser CO2 resurfacing. Laser ini berfungsi mengangkat sel - sel kulit mati hingga kedalaman tertentu, dengan tujuan agar tumbuh sel - sel kulit baru yang lebih segar. Karena sinar ini bekerja lebih dalam (pada kulit) dan lebih mudah dikontrol , maka hasil keriput dan parut wajah dapat dihilangkan dengan hasil yang memuaskan.

Sebelum dilaksanakan penyinaran , dokter perlu mengetahui dengan tepat kondisi kulit, tipe kerusakan , luas bagian yang akan digarap , dan usia pasien. Karena kondisi kulit yang berbeda , membutuhkan penanganan yang berbeda pula.

Sebelum dilakukan penyinaran, tubuh diberi krim penghilang rasa sakit selama 1-2 jam. Saat dilakukan penyinaran, pasien merasa dijepret dengan karet . Setelah dilakukan penyinaran , kulit akan menjadi kemerahan dan berbercak biru, yang akan hilang dalam kurun waktu 10 hari. Setelah itu, kulit baru akan tumbuh, lebih lembut dan berstektur halus.

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna sebaiknya ikuti saran dokter, misalnya menghindari kontak langsung dengan sinar matahari. Dan, jika anda ingin mencoba terapi laser , datanglah ke tempat yang dikelola secara professional. Karena secanggih apapun teknik yang digunakan, tidak menutup kemungkinan terjadinya efek samping yang tidak diinginkan

No comments:

Post a Comment