Saturday, July 6, 2013

Pembangunan Wisata Kota Semarang

Semarang, sebagai ibu kota Jawa Tengah di akhir - akhir tahun belakangan ini mulai tergerus popularitasnya oleh Solo, Entah mengapa, Solo mulai menarik banyak minat para turis, baik dari domestik maupun mancanegara untuk terus datang ke Solo. Sehingga kondisi ini pun mulai semakin berimbas ke Perekonomian di Solo, pembangunan yang semakin maju dan iklim ekonomi yang semakin kondusif. Pada akhirnya tak jarang sering muncul isu untuk memindahkan ibu kota jawa tengah ke Solo....

Untuk itu, Semarang mulai terus memulai peningkatan pariwisatanya, salah satunya adalah dengan mengadakan program kampung wisata,,lalu apakah kampung wisata itu? itu adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. ( Nuryanti, Wiendu. 1993. Concept, Perspective and Challenges, makalah bagian dari Laporan Konferensi Internasional mengenai Pariwisata Budaya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Hal. 2-3) berikut paparannya .



Komponen Utama Desa Wisata

Terdapat dua konsep yang utama dalam komponen desa wisata :

1. Akomodasi : sebagian dari tempat tinggal para penduduk setempat dan atau  unit-unit yang berkembang atas konsep tempat tinggal penduduk.
2. Atraksi : seluruh kehidupan keseharian penduduk setempat beserta setting fisik lokasi desa yang memungkinkan berintegrasinya wisatawan sebagai partisipasi aktif seperti : kursus tari, bahasa dan lain-lain yang spesifik.

Sedangkan Edward Inskeep, dalam Tourism Planning An Integrated and Sustainable Development Approach, hal. 166 memberikan definisi : Village Tourism, where small groups of tourist stay in or near traditional, often remote villages and learn about village life and the local environment. Inskeep : Wisata pedesaan dimana sekelompok kecil wisatawan tinggal dalam atau dekat dengan suasana tradisional, sering di desa-desa yang terpencil dan belajar tentang kehidupan pedesaan dan lingkungan setempat.

Salah satu desa yang akan digunakan sebagai percobaan adalah desa wonolopo, yang tentunya berada di Kota Semarang. Berikut mengenai Proyek pelaksanaannya :





No comments:

Post a Comment