Friday, July 26, 2013

Mengenal Perkembangan Pesawat dan Angkasa

Tentu kita terheran - heran sewaktu pertama kali melihat pesawat terbang. Ketika itu muncul pertanyaan : Kok besi bisa terbang? kok tidak jatuh? Tentu kita juga pernah terheran - heran melihat kerlap - kerlip langit di malam hari. Benda apa itu di angkasa? Planetkah? Bintangkah? Bisa tidak kita pergi kesana?



PESAWAT TERBANG
Sejak dulu manusia merasa iri dengan burung di udara. Saat itulah muncul keinginan manusia untuk bisa terbang seperti burung. Tapi tentu saja manusia tidak bisa karena tidak punya sayap. Akhirnya manusia memutuskan untuk membuat alat yang mempunyai sayap seperti burung, sehingga bisa terbang


Kegagalan dan Keberhasilan
Usaha manusia untuk membuat alat bersayap itu banyak menemui kegagalan, hingga muncul nama Orville Wright dan Wilbur Wright. Mereka melakukan penerbangan untuk pertama kali pada tanggal 17 Desember 1903 (pesawat mereja hanya terbang selama 12 detik dan sejauh 37 meter)


Bagaimana Pesawat bisa Terbang?
Agar sebuah pesawat dapat terbang ada dua hal dasar yang penting, yaitu :
  1. Harus ada gaya angkat untuk mengangkat berat pesawat dan mengatasi gravitasi. Di sinilah kegunaan sayap pesawat
  2. Harus ada gaya dorong , supaya bisa bergerak maju mengatasi gesekan udara dan tetap terangkat, Di sinilah kegunaan mesin pesawat.

Perkembangan Pesawat
Perkembangan pesawat dalam seabad ini sangatlah pesat, baik dalam bentuk, kecepatan, maupun pesawat untuk berbagai keperluan. Sejak Wright Bersaudara Terbang dengan pesawatnya maka para ahli mulai menciptakan pesawat yang digerakkan dengan baling - baling dan mesin jet, bahkan pesawat luar angkasa.

 

Pesawat Jet
Prinsip kerja mesin jet sebenarnya sederhana : Bahan bakar di dalam pesawat dibakar sehingga tercipta gas panas, dan gas panas itulah yang menyembur ke belakang dan mendorong pesawat hingga bergerak ke depan. Berkat Penemuan mesin jet inilah banyak diciptakan berjenis - jenis pesawat untuk berbagai macam tujuan, seperti untuk pesawat penumpang dan pesawat perang. Saat ini dengan adanya mesin jet, pesawat bisa terbang dengan sangat cepat, bahkan melebihi kecepatan suara.


Pesawat tercepat pertama
Pesawat Bell X-1 Glamorous Glennis adalah pesawat pertama yang kecepatannya melebihi kecepatan suara, yaitu sekita 1.100 kilometer per jam


Pesawat Angkasa Luar
Untuk bisa terbang di angkasa luar maka perlu diperhatikan bahwa angkasa luar adalah ruang kosong, jadi tidak ada udara untuk mendorong maju pesawat. Untuk mengatasi gaya gravitasi agar pesawat tidak jatuh maka pesawat angkasa luar membawa oksigen sendiri untuk pembakaran


Istilah Ulang - alik
Baru setelah 1981 muncul istilah ini karena sebelum itu pesawat luar angkasa hanya bisa pergi ke luar, dan tidak bisa kembali ke bumi lagi.

No comments:

Post a Comment